Materi Tutorial Java Design Pattern

 

 
Design Pattern atau Pola desain dalam bahasa indonesia adalah sebuah istilah dalam rekayasa perangkat lunak yang mengacu kepada solusi umum yang dapat digunakan secara berulang kali untuk menyelesaikan masalah-masalah umum yang ditemukan dalam desain perangkat lunak. Dessign Pattern merupakan penjelasan atau template yang menunjukan bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah yang kemudian dapat digunakan di berbagai situasi berbeda-beda. 

Design Pattern dikelompokan menjadi tiga, yaitu :


Creational Pattern


Yaitu pattern yang pattern yang menyangkut dengan pembuatan object. Pattern yang akan mengangani pembuatan suatu object secara langsung dan mungkin akan tersebar di dalam code kita. Dengan pattern ini program akan lebih fleksibel dan dalam pembuatan suatu object.
Creatioanl Pattern dibagi menjadi :
  1. Abstract Factory Pattern
  2. Builder Pattern
  3. Factory Method Pattern
  4. Prototype Pattern
  5. Singleton Pattern



Structural Pattern

Adalah pattern yang yang fokus ke pembuatan struktur program.  Dimana dalam pattern ini akan lebih konsen ke class object composite. Akan banyak penggunaan pewarisan atau menggabungkan interface dan menjelaskan cara untuk menggabungkan object.
Structural Pattern dibagi menjadi :
  1. Adapter Pattern  
  2. Bridge Pattern
  3. Composite Patten
  4. Decorator Pattern
  5. Facade Pattern
  6. Flyweight Pattern
  7. Proxy Pattern



Behavior Pattern
Yaitu Patten yang menyangkut tentang kelakuan program. Dimana dalam pattern ini akan dijelaskan tentang  cara spesifik komunikasi antar object.
Behavior Pattern dibagi menjadi :
  1. Chain Of Responsibility Pattern
  2. Command Pattern
  3. InterPreter
  4. Iterator pattern
  5. Mediator Pattern
  6. Momento
  7. Observer
  8. State
  9. Strategy
  10. Templete Method
  11. Visitor Pattern


Materi Tutorial Java Design Pattern 4.5 5 Ardyn Sulaeman   Design Pattern atau Pola desain dalam bahasa indonesia adalah sebuah istilah dalam rekayasa perangkat lunak yang mengacu kepada solusi ...


2 comments:

Powered by Blogger.