Design Pattern atau Pola desain dalam bahasa indonesia adalah sebuah istilah dalam rekayasa perangkat lunak yang mengacu kepada solusi umum yang dapat digunakan secara berulang kali untuk menyelesaikan masalah-masalah umum yang ditemukan dalam desain perangkat lunak. Dessign Pattern merupakan penjelasan atau template yang menunjukan bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah yang kemudian dapat digunakan di berbagai situasi berbeda-beda.
Design Pattern dikelompokan menjadi tiga, yaitu :
Yaitu pattern yang pattern yang menyangkut dengan pembuatan object. Pattern yang akan mengangani pembuatan suatu object secara langsung dan mungkin akan tersebar di dalam code kita. Dengan pattern ini program akan lebih fleksibel dan dalam pembuatan suatu object.
Creatioanl Pattern dibagi menjadi :
Structural Pattern
Adalah pattern yang yang fokus ke pembuatan struktur program. Dimana dalam pattern ini akan lebih konsen ke class object composite. Akan banyak penggunaan pewarisan atau menggabungkan interface dan menjelaskan cara untuk menggabungkan object.
Structural Pattern dibagi menjadi :
- Adapter Pattern
- Bridge Pattern
- Composite Patten
- Decorator Pattern
- Facade Pattern
- Flyweight Pattern
- Proxy Pattern
Behavior Pattern
Behavior Pattern dibagi menjadi :
- Chain Of Responsibility Pattern
- Command Pattern
- InterPreter
- Iterator pattern
- Mediator Pattern
- Momento
- Observer
- State
- Strategy
- Templete Method
- Visitor Pattern
LANJUUUT
ReplyDeletetolong lanjut mas..
ReplyDelete